Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 , Sabtu- Minggu libur
Beranda » Artikel Terbaru » promosi iklan reklame

promosi iklan reklame

Diposting pada 30 December 2014 oleh admin

Memilih Jenis Reklame yang Tepat

promosi iklan reklame

promosi iklan reklame

Reklame untuk atau promosi adalah aktifitas yang wajib dilakukan oleh siapapun yang menjual sesuatu, baik produk yang dihasilkannya sendiri, maupun produk dari pihak lain. Tujuan membuat promosi iklan reklame tersebut sudah barang tentu untuk memberitahukan kepada khalayak ramai tentang produk yang dijual.

Istilah reklame sendiri menurut ilmu etimologi berasal dari bahasa Spanyol, yakni dari kata re yang artinya ulang serta clamo yang artinya berseru. Jadi arti dasar dari reklame adalah melakukan seruan berulang-ulang agar mendapat perhatian dari banyak orang. Dalam perkembangannya, arti reklame mengalami perluasan makna menjadi suatu bentuk karya seni yang dibuat dengan tujuan untuk menyampaikan informasi, propaganda, serta melakukan promosi atau menawarkan produk tertentu agar konsumen tertarik  untuk membelinya.

Reklame sendiri dari sisi media yang digunakan terbagi menjadi 2 jenis, yakni: reklame audio yang memanfaatkan suara sebagai media, contohnya radio, dan reklame visual yang menggunakan gambar (baik gambar diam maupun gambar gerak) dan tulisan sebagai media, contohnya poster, buklet, plakat, spanduk, selebaran, baliho, billboard, juga videotron.

Diantara berbagai macam jenis iklan promosi reklame tersebut,  masing-masing tentu memiliki kelebihan serta kekurangan.  Kelebihan dan kekurangan itu sendiri, tidak bisa diukur dari besar kecilnya media reklame, dan juga tidak bisa dinilai dari besar kecilnya budget untuk pembuatan reklame. Sebuah buklet yang kecil bisa jadi lebih efektif untuk para tamu restaurant dibandingkan sebuah spanduk yang besar, atau sebuah poster murah yang ditempel di dinding sekolah mungkin akan lebih menyita perhatian para pelajar disbanding sebuah videotron yang terpasang di perempatan jalan.

Untuk itu, memilih jenis reklame yang tepat untuk memasarkan sebuah produk juga perlu pemikiran tersendiri, sehingga tidak boleh dilakukan dengan gegabah. Beberapa pertimbangan yang bisa dilakukan sebelum menentukan jenis reklame yang akan dipilih untuk memperkenal sebuah produk diantaranya adalah:

  1. Target Pasar

Tentukan target utama dari produk yang akan dipasarkan, agar reklame yang dibuat menemui sasaran yang tepat. Jika target yang dituju adalah para pelajar, poster dan buklet akan sangat efektif, karena anak-anak usia sekolah dalam menilai sesuatu pada umumnya lebih detail, sehingga informasi yang diberikan kepada mereka juga harus terperinci. Poster dan buklet adalah solusi yang terbaik, karena kedua media reklame tersebut memungkinkan untuk dibawa kesana-kemari dan dibaca di saat dan waktu yang tepat.

  1. Budget

Bagaimanapun juga budget sangat mempengaruhi jenis iklan reklame yang akan dipilih. Jika kemampuan keuangan hanya cukup untuk mencetak poster, jangan memaksakan diri untuk membuat spanduk, dan jika anggaran hanya cukup untuk memasang billboard jangan nekad untuk memasang videotron. Gunakan anggaran promosi seefektif mungkin, dan seiring dengan meningkatnya  laba perusahaan, anggaran untuk promosi dengan sendirinya juga akan meningkat.

  1. Jangkauan Pemasaran

Sebuah perusahaan yang hasil produksinya hanya dipasarkan di tempat yang terbatas, media reklame yang dibutuhkan tentu akan berbeda dengan perusahaan berskala nasional. Untuk itu, tentukan jenis reklame dengan bijak, jangan sampai anggaran yang dikeluarkan untuk kepentingan promosi tidak dapat tertutupi oleh laba penjualan.

Meskipun media yang dipakai untuk pemasangan reklame terdiri atas berbagai jenis, namun yang dipandang paling efektif hingga saat ini adalah billboard dan videotron. Keduanya menjadi pilihan para pengiklan karena jenis produk apapun layak dan pantas untuk dipasang di billboard/videotron. Lebih dari itu kesan mewah juga didapatkan, sehingga secara tidak langsung dapat meningkatkan citra/image produk/perusahaan. Hanya saja, pemilihan tempat pemasangan billboard/videotron harus benar-benar tepat, agar fungsi dari kedua media tersebut sebagai sarana promosi juga lebih maksimal.

Terkait dengan pemilihan tempat pemasangan iklan billboard/videotron itulah BrainwareAdv bisa diandalkan. Dengan pengalamannya selama 5 tahun lebih bergelut di bidang reklame, membuat BrainwareAdv atau Brainware Media Pratama ini tahu benar tempat-tempat dan titik-titik strategis di wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan bekasi). Tidak hanya itu, BrainwareAdv juga dapat membantu pengurusan ijin reklame di lima wilayah tersebut. Untuk mengetahui lebih jauh tentang BrainwareAdv, silahkan mengunjungi situs resminya di: http://tiangbillboard.com. (*)

Bagikan informasi tentang promosi iklan reklame kepada teman atau kerabat Anda.

promosi iklan reklame |

Komentar dinonaktifkan: promosi iklan reklame

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Temukan Kami
Sidebar Kiri
Kontak
Cart
Sidebar Kanan